Kambing keramat

Posted: February 28, 2011 in Nutrisi Kalbu
Tags: , , ,

KAMBING KERAMAT

Pada zaman dahulu di suatu dusun ada seorang wanita shalihah yang mempunyai nkambing keramat. Panggilan nama si wanita ini biasa disebut “Alfidhdhah” yang artinya “perak”. Kebetulan dilain dusun ada seorang laki-laki yang ingin berkunjung  ke rumah si wanita itu, namun ia tidak biasa berkunjung ke rumah seorang wanita, hal itulah yang menjadikan ia mengurungkan niatnya itu. tetapi karena di desak oleh kepentingan lain, akhirnya jadilah ia pergi ke dusun itu sembari ingin mengetahui kebenaran cerita orang-orang bahwa wanita itu mempunyai kambing yang dapat mengeluarkan susu dan madu.

Maka orang laki-laki itu segera membeli gelas baru yang belum pernah dipakai, lalu orang itu pergi ke rumah si wanita itu.setelah memberi salam langsung ia berkata :

“aku ingin mendapat barokah yang diceritakan oran-orang mengenai kambing yang ada padamu”.

Kemudian ditunjukkan  padaku dan aku perah daripadanya susu dan madu, maka setelah terbukti aku bertanya padanya :

“Bagaimana riwayat kambing ini ??”

Jawab wanita shalehah itu :

“Dahulu aku sebagai keluarga yang miskin mempunyai kambing yang kecil, tiba-tiba datang hari raya lalu suamiku berkata : “aku akan menyembelih kambing ini hari ini”. Jawabku : “ jangan ,sebab kami di bolehkan tidak menyembelih,karena ALLAH lebih mengetahui keadaan kami”. Tiba-tiba pada hari itu datang tamu dan kami kebetulan tidak mempunyai apa-apa untuk menjamu tamu itu maka aku katakan pada suamiku : “ini tamu dan kami di perintah harus hormat menjamu padanya , sudah sembelih saja kambing itu”.

Tetapi karena kuatir ditangisi oleh anak-anakku, aku suruh sembelih di belakang rumah agar tidak terlihat oleh anak-anak. Maka ketika disembelih dan keluar darah, tiba-tiba ada kambing melompat dari dinding masuk ke rumah, maka aku kuatir kalau-kalau kambing yang disembelih itu telah terlepas dari tangan suamiku. Kemudian aku buru-buru keluar mendapatkan suamiku, tiba-tiba suamiku sedang menguliti kambing sembelihannya . lalu aku berkata : “wahai suamiku, aku menjadi keheranan “. Lalu aku ceritakan padanya perihal kambing yang melompat dari dinding itu. jawabnya : “semoga ALLAH mengganti yang lebih baik dari ini”. Maka inilah kambing yang dapat mengeluarkanh susu dan madu berkat kami menghormati tamu itu “

Mendengar cerita kambing dari si wanita shalehah itu orang tersebut merasa keheranan dan kemudian memohon diri untuk permisi pulang

Demiikan cerita diatas, cerita yang menggambarkan tentang seseorang yang gemar menghormati tamu karena mengaharap ke ridhaan ALLAH, karena itu Tuhan membalas akan jasa baiknya itu di dunia berupa kambing keramat sebagai ganti atas kambin yang di sembelih buat menghormati tamunya. Semoga dengan adanya cerita di atas kiranya menjadi suri tauladan bagi kita semua sehinga kita menjadi hamba ALLAH yang gemar menghormati tamu.

Rasulullah Saw bersabda :

“apabila tamu telah masuk ke rumah seseorang maka ia masuk dengan membawa rizkinya dan jika ia keluar maka keluar membawa pengampunan dosa orang-orang serumah itu”.

(diriwayatkan oleh Imam Ad-Dailani )

Dan sabdanya yang lain :

“Barang siapa yang beriman kepada ALLAH dan hari akhir, maka hendaklah ia menghormati tamunya”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s